Tuesday 21 April 2015

Cara untuk Berani Tampil Public Speaking

Buat beberapa orang, tampil di muka umum, adalah sesuatu yang sangat menakutkan, bahkan menjadi hal yang sangat  mengerikan. Cuma buat tampil di depan umum aja udah bikin jantung dag dig dug seeerrrr, keringetan sampe gemeteran gimana kalo disuruh public speaking.....ya ampun rasanya mau pingsan. 

Untuk kamu-kamu yang mau meningkatkan keberaniannya supaya bisa tampil oke saat harus public speaking di depan kelas atau dikantor, mari ikutin yuk tips-tipsnya :

1. Motivasi

Bangun motivasi yang besar pada diri anda. Ingatkan kembali pada tujuan anda, mengapa anda ingin  sukses, mengapa anda ingin public speaking anda bagus dan apa keuntungannya jika anda berhasil melakukannya. 

2. Mindset

Ubahlah mindset anda mengikuti motivasi anda yang sudah terbentuk pada langkah pertama yang tadi sudah saya jelaskan. Tujuan dibentuknya motivasi terlebih dahulu dalam hal ini adalah  supaya  lebih memudahkan arah berpikir anda supaya pemikiran anda mengarah pada pemikiran yang positif. 
Kebanyakan orang  menjadi takut untuk melakukan public speaking karena satu alasan yakni :  
takut salah, takut diketawain
padahal justru hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar jika anda melakukan kesalahan penyebutan kalimat dalam public speaking selama anda tidak menyinggung  norma yang berlaku, menghina ras, agama, budaya, suku  serta adat istiadat yang berlaku di masyarakat. saran saya hidupkan mindset seperti ini :
semakin salah itu berarti semakin bagus, semakin ditertawakan itu berarti anda semakin diperhatikan oleh mereka yang menyaksikan public speaking anda. Itu berarti semakin menarik public speaking anda.


3. Menjadi Diri Sendiri Ketika Tampil di Depan Umum
Banyak orang yang menyiksa dirinya sendiri ketika akan tampil didepan umum dengan membuat mindset seperti ini :
saya harus sempurna, saya tidak boleh salah
padahal justru ketika anda menjadi diri sendiri, anda akan merasa nyaman dengan keberadaan diri anda sendiri ketika akan tampil di depan umum, yang selanjutnya perasaan nyaman ini akan membuat gaya bicara anda menjadi lebih santai, seperti orang bercerita, menjadi lebih tertata selayaknya berbicara dengan teman dekat sehingga tidak erlalu cepat juga tidak terlalu lambat dan tahukah anda bahwa ini adalah salah satu kunci utama untuk menguasai audiens, dan mengenal audiens
mengapa ?
karena anda sudah berhasil menguasai diri anda sendiri.  
4. Kuasai Materi Public Speaking 
Cara untuk dapat menguasai materi public speaking dengan cepat adalah dengan mengerti dan memahami maksudnya bukan menghapalnya, 
ketika anda sudah mengerti dan memahami maksudnya maka untuk selanjutnya anda dapat dengan mudah  melakukan improvisasi terhadap susunan kalimat yang ingin anda utarakan sendiri (pake bahasa sendiri).
Ini dia 4 tips asoy untuk lebih berani tampil public speaking, mengapa saya tidak membahas teknik berbicara atau teknik public speaking yang baik? karna hanya dengan sugesti yang positiflahlah yang akan mengarahkan anda  untuk  mengerti sendiri bagaimana teknik yang baik saat tampil di depan umum.  


No comments:

Post a Comment