Monday 19 June 2017

SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA

Terkadang jika berbicara mengenai sistem pendidikan, mungkin banyak sekali masukan yang datang bukan hanya dari pembuat kebijakan tetapi juga para pendidik dan orang tua tentunya. 

Ada yang menyatakan bahwa sistem pendidikan itu sebaiknya seperti negara sakura saja, sekolahnya seharian full, tetapi ada juga yang menyatakan lebih baik seperti Finlandia yang sekolahnya hanya beberapa jam saja. 

Terkadang kita terlalu sibuk memperbaiki dan membahas mengenai sistem pendidikan, sampai sampai kita lupa berpikir sebenarnya karakter dari anak anak didik Indonesia itu apa sih. Kita terlalu sibuk memikirkan sistem yang baik, sehingga kita lupa karakter dari anak didik kita yang selanjutnya disesuaikan dengan sistem itu sendiri. Disini saya bukan mengkritik wacana sistem yang akan diberlakukan atau yang sudah dilakukan loh ya, saya hanya ingin mengubah cara pandang melihat dari karakter anak-anak didik kita. Apakah anak didik kita adalah peserta didik yang memang harus ditekan, sehingga baru keluar hasilnya atau peserta didik yang tipenya diberikan keleluasaan sehingga justru malah termotivasi dengan adanya kelonggaran dari sistem pendidikan yang dibuat. 

Disini perlu adanya survei terlebih dahulu sebelum menetapkan suatu kebijakan, untuk pemerintah juga jangan asal langsung memberhentikan sistem yang tengah menjadi wacana atau yang sudah diterapkan menjadi program,  hanya karena mendengar masukan dari mana-mana, pemerintah harus punya prinsip yang jelas dan tegas jika memang yakin bahwa itu adalah salah satu cara memperbaiki pengelolaan pendidikan di Indonesia. 

No comments:

Post a Comment